Powered By Blogger

WAKTU SEDUNIA

Senin, 01 Maret 2010

pembagian group piala dunia 2010

Perhelatan Piala Dunia 2010 memang masih akan berlangsung 7 bulan lagi di Afrika Selatan, namun seremoni turnamen sepakbola terbesar di dunia itu sudah dimulai. Pengundian grup Piala Dunia 2010 telah dilaksanakan pada hari Sabtu (5/12) di Cape Town, Afrika Selatan.

Sistem unggulan yang biasanya dipegang oleh negara-negara yang memiliki sejarah dan prestasi sepakbola yang baik kali ini sedikit berubah, dimana ada beberapa negara besar yang harus mengikuti babak playoff untuk memastikan keikutsertaan mereka di Piala Dunia kali ini. Status unggulan pada pengundian kali ini dipegang oleh Afrika Selatan, Argentina, Inggris, Jerman, Belanda, Italia, Brasil, dan Spanyol. Sementara itu tim kuat Prancis dan Portugal harus bersiap menghadapi tim tangguh sejak babak penyisihan grup.
Berikut ini adalah daftar grup-grup peserta Piala Dunia 2010:

Grup A
1. Afrika Selatan
2. Meksiko
3. Uruguay
4. Prancis

Grup B
1. Argentina
2. Nigeria
3. Korea Selatan
4. Yunani

Grup C
1. Inggris
2. Amerika Serikat
3. Algeria
4. Slovenia

Grup D
1. Jerman
2. Australia
3. Serbia
4. Ghana

Grup E
1. Belanda
2. Denmark
3. Jepang
4. Kamerun

Grup F
1. Italia
2. Paraguay
3. New Zealand
4. Slovakia

Grup G
1. Brasil
2. Korea Utara
3. Pantai Gading
4. Portugal

Grup H
1. Spanyol
2. Swiss
3. Honduras
4. Cili

Grup G digadang-gadang menjadi sebuah grup neraka, dimana bercokol tim-tim kuat termasuk Brasil dan Portugal. Fokus perhatian akan tertuju pada persaingan antara Cristiano Ronaldo dan Kaka yang sama-sama membela Real Madrid di level klub. Sementara Pantai Gading, dikapteni oleh penyerang andalan Chelsea Didier Drogba, bermain baik dalam Piala Dunia 2006 dan bisa menjadi ancaman.

Sementara itu Prancis yang harus tertatih-tatih untuk lolos dari babak penyisihan, dibantu dengan gol kontroversial pada laga playoff melawan Irlandia, mendapat grup yang relatif enteng, bersama Uruguay, Afrika Selatan dan Meksiko. Meskipun demikian, sejarah membuktikan Piala Dunia banyak memunculkan kejutan-kejutan yang kerap memutarbalikkan prediksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar