Powered By Blogger

WAKTU SEDUNIA

Sabtu, 20 Februari 2010

CHIPTUNE

Chiptune, atau Chip music, atau Micromusic adalah musik yang dibuat dari sound format yang telah di syntesizekan secara realtime oleh computer atau video game sound chip. Chiptunes sangat popular pada periode pertengahan 1980s sampai akhir 1980s dimana pada saat itu untuk membuat musik dengan computer hanya tersedia sound chip tersebut. Medium tersebut memberikan fleksibilitas kepada para composer2 dalam menciptakan instrument sendiri, tetapi dikarenakan sound chip komputer pada saat itu hanya tersedia simple tone generator dan noise generator, mengakibatkan keterbatasan dalam menciptakan sound yang lebih complex. Chiptunes kadang terdengar “kasar” dan “menciut2” bagi para pendengar yang tidak biasa dengan musik tersebut dan chiptune juga sangat berhubungan dekat sekali dengan video game music.

Sekarang kita masuk ke perkembangan teknologinya, soundchip2 yang dipakai tersebut seperti yang tersedia dalam komputer2 berikut ini:

1. Chip Atari Pokey di komputer Atari 400/800
2. Chip SID http://bit.ly/HPYIS di komputer Commodore 64 http://bit.ly/KfKw6
3. Chip PAPU dalam Nintendo Game Boy
4. Chip Yamaha YM2149 http://bit.ly/4vT2Y1 di komputer Atari ST http://bit.ly/cWlpk
5. Chip AY-3-8910 or 8912 http://bit.ly/3SLpyq di komputer Amstrad CPC http://bit.ly/KxDYY
6. Chip Yamaha YM3812 http://bit.ly/1LhvQb di komputer IBM PC compatibles http://bit.ly/2BryvO
7. Chip Ricoh 2A03 http://bit.ly/FISo3 di dalam the Nintendo Entertainment System http://bit.ly/35rkvG atau Famicom http://bit.ly/1h8pO4 .
Biasanya, chiptunes terdiri dari basic waveform yaitu sine wave, square wave dan sawtooth atau triangle wave, dan basic percussion, sering dihasilkan dari white noise melalui ADSR envelope. Untuk software yang digunakan dalam membuat chiptune music disebut Tracker http://bit.ly/1tFQTN.

Musisi chiptune banyak tersebar di dataran eropa, amerika dan jepang. Asiknya, mereka punya klub sendiri kalo ngadain acara. Isinya full tutatitut.. waaah.. Instrument yang populer mereka gunakan adalah Gameboy, Nintendo entertainment system (NES), Commodore 64 dan Atari ST , di lengkapi dengan synth2 modern.

Dibilang chipsound itu karena sound yang keluar langsung dari chipset tersebut. chipset sound komputer kuno dan game console jaman dulu hanya tersedia Pulse wave, square wave, triangle wave dan white noise yang pure. kalo kita bikin lagu berdasarkan suara2 tersebut pasti identik dengan pure chiptune. Kick drum pun bisa di hasilnya oleh waveform2 tersebut, sedangkan hihat atau snare menggunakan white noise. jaman skrn sudah banyak yang mengkolaborasikan sound asli chipset tersebut dengan drum machine modern atau analog synth dsb. dan hasilnya pun sangat mantab.
komposer2 musik komputer kuno seperti commodore 64, amiga atau pun atari st, dan kebetulan game2 konsole sudah bisa di aplikasikan sebagai komputer kecil untuk membuat musik. jaman dulu banyak teridentik dengan sound2 tersebut, karena hanya tersedia medium tersebut. dan skrn teknologi sudah berubah. jadi para chiptuners masih mentradisikan membuat musik dengan cara traditional komputer kuno tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar