WAKTU SEDUNIA

Jumat, 16 April 2010

VESPA CONGO

memang banyak tipe vespa yang beredar, vespa sangat di gemari oleh segolongan orang-orang, termasuk saya yang memiliki vespa super tahun 1977. Bermacam-macam juga alasan setiap orang orang memiliki vespa, mulai dari bentuk bodinya, sejarahnya, keunikan mesinnya, dan lain-lain.
Tapi ada tipe vespa yang menurut saya sangat menarik yaitu "Vespa Congo" begitu orang-orang menyebutnya. Dan ternyata, vespa congo ini sebetulnya hanya dimiliki oleh negara kita Indonesia saja.

Vespa Congo ini dibuat pada era tahun '60an. Berawal pada saat tanggal 31 Juli 1960 PBB mendaulat Republik Indonesia untuk mengirimkan pasukannya guna menjadi bagian dari pasukan penjaga perdamaian di Negara Congo, maka dibentuk Pasukan Garuda Indonesia yang dikirim. Setelah tugas sebagai pasukan penjaga perdamaian diselesaikan, Pasukan Garuda Indonesia menerima tanda penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia, dimana salah satunya berupa Vespa (dari beberapa sumber mengatakan bahwa dalam pemberian itu juga ada yang berbentuk uang dan beberapa peti jarum jahit).

Sangat menarik sekali bukan, Menarik disimak bahwa penghargaan Vespa tersebut juga tidak terlepas dari tradisi dalam dunia kemiliteran. Beberapa sumber mengatakan bahwa untuk Vespa yang berwarna hijau 150 cc ditujukan bagi tentara yg lebih tinggi tingkat kepangkatannya, sementara yang berwarna kuning dan biru 125 cc untuk tingkat kepangkatan yang lebih rendah. Selain itu guna melengkapi jati diri atas Vespa dimaksud juga di sematkan tanda nomor prajurit yang bersangkutan, pada sisi sebelah kiri handlebar (stang) yang berbentuk oval terbuat dari bahan kuningan serta sebuah piagam penghargaan yang menyertainya.


Salah satu keunikan Vespa Congo adalah Vespa jenis tersebut tidak diproduksi oleh Italy melainkan oleh German. Dengan berbahan baku plat baja yang lebih keras dari pada Vespa bulat umumnya, Vespa Congo memiliki tingkat kelengkapan lebih dari pada Vespa made in Italy yang umum beredar di Indonesia (VBB1T maupun VBB2T). Vespa Congo adalah bukti penetrasi scooter produk Italy yang merambah dunia. Untuk dapat mengetahui hal ini dapat dimulai dari perkembangan Vespa di German.

Terdapat ciri dari vespa congo yang masih original, karena tipe vespa ini hanya diperuntukan bagi pasukan Garuda Indonesia, maka terdapat m-blum lambang Garuda Indonesia
Mari kita jaga Vespa Congo ini agar tidak di Eksport, karena hanya untuk di Indonesia lah sebenarnya Vespa Congo ini di buat.

*dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar